NIAS SELATAN (Kinantannews.com) - Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Dr. Takonai Susumu meresmikan pembangunan gedung sekolah SMP Swasta Afore Susua yang terletak di Desa Fondrakoraya, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan, belum. Lama ini selain dihadiri oleh Konsul Jenderal Jepang di Medan dan Ketua Yayasan SMP Swasta Afore Susua, acara turut dihadiri sejumlah tamu undnagan lainnya diantaranya: mewakili Bupati Nias Selatan, David Setao Amazihono, S.P, M.M, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM serta Elisama Lase, S.Pd, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Nias Selatan.


Pembangunan gedung sekolah ini dilaksanakan berdasarkan Kontrak Bantuan Hibah Grassroots sebesar Rp 1.181.340.000 antara Konsulat Jenderal Jepang di Medan dengan Yayasan SMP Swasta Afore Susua yang telah ditandatangani pada 20 Oktober 2022.


Selama ini, para murid mengikuti proses pembelajaran dalam kondisi yang kurang layak, seperti ruang kelas yang rusak sebagian atap dan dindingnya, toilet yang sudah tidak bisa dipakai dan sebagainya.


Dengan adanya proyek pembangunan gedung sekolah baru ini, sekolah tersebut dapat memiliki lima ruang kelas, satu ruang guru, satu perpustakaan, dan empat ruang toilet.


Dalam situasi sulit, di mana Pulau Nias mengalami kekurangan sekolah, Yayasan SMP Swasta Afore Susua telah memanfaatkan Bantuan Hibah Grassroots dari Konsulat Jenderal Jepang untuk berkontribusi pada lingkungan pendidikan yang memadai dan dapat menerima lebih banyak murid di sekolah tersebut.


Pada acara peresmian, Konsul Jenderal Jepang di Medan, Dr. Takonai Susumu menyampaikan bahwa melalui pembangunan gedung sekolah yang telah dilakukan denganBantuan Hibah Grassroots diharapkan bahwa kualitas pendidikan khususnya anak-anak di Kabupaten Nias Selatan dapat ditingkatkan dan lebih banyak murid yang dapat menikmati pendidikan dalam lingkungan yang layak sehingga mampu berkontribusi pada perkembangan daerah setempat. Dalam kesempatan ini, Konjen Jepang juga mengingatkan untuk selalu memelihara dan menjaga gedung sekolah dengan baik ke depannya.


Bantuan Hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang kepada masyarakat Indonesia bertujuan untuk mengatasi permasalahan kebutuhan dasar manusia di berbagai bidang termasuk sosial, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan sehingga hubungan persahabatan dan kerja sama Jepang dan Indonesia akan makin erat ke depannya. ( lg)

Lebih baru Lebih lama